6 Tips Jitu Merawat Mobil yang Jarang Digunakan

Perawatan mobil
Perawatan mobil. Foto : istockphoto.com

SRIWIJAYAPLUS.COM – Anda mungkin memiliki mobil yang dikendarai terutama dalam kondisi tertentu, seperti dengan keluarga di pesta pernikahan, off-road, dan lain-lain.

Harap dicatat bahwa jika anda memiliki mobil bekas yang ringan, anda harus merawatnya seperti halnya mobil yang digunakan sehari-hari, karena baik digunakan atau tidak, komponen dan suku cadang mobil akan hilang fungsinya, meski mobil jarang digunakan.

Oleh karena itu anda harus memperhatikan kondisi mobil yang sama dengan mobil yang digunakan sehari-hari. Lantas bagaimana caranya agar mobil yang hanya digunakan dalam kondisi tertentu tetap dalam kondisi baik dan terawat? Ada 6 tips merawat mobil bekas ringan.

Baca Juga :  Fitur Baru 'detoks' Medsos Diluncurkan Instagram, Simak Ulasannya

1. Bersihkan mobil

Hal terpenting yang bisa anda lakukan saat merawat mobil bekas adalah dengan membersihkan bagian dalam dan luar mobil.
Tujuannya untuk melindungi mobil dari serangga dan tikus yang dapat merusak bagian-bagian mobil akibat kotoran yang menarik perhatian mereka.

Debu juga dapat membuat mobil berkarat sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian mesin mobil karena mobil jarang dibersihkan.

2. Panaskan mobil

Pemanasan atau jump-start mobil yang jarang digunakan memiliki banyak manfaat besar. Saat mobil dihidupkan dan dibiarkan berjalan beberapa saat, terjadi sirkulasi di mesin mobil, yang mencegah cairan menggumpal di dalam mesin.

Baca Juga :  Hasil Kualifikasi MotoGP Malaysia 2022, Pramac Racing Jorge Martin Pole Position

Selain itu, juga bertujuan agar charger bekerja maksimal saat mengisi baterai sehingga komponen kelistrikan tidak kelebihan beban.

3. Cabut aki agar terhidar dari korosi

Melepas aki mobil memang jarang digunakan, selain menjaga agar komponen kelistrikan tetap normal, juga mencegah korosi aki.
Untuk menyimpannya, sebaiknya putuskan dulu dan sambungkan kembali saat hendak menggunakan mobil.

4. lakukan service mobil sesuai jadwal

Mencermati perawatan mobil yang jarang digunakan tentunya menjadi salah satu cara terpenting untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Baca Juga :  Begini Cara Merawat Mobil dengan Transmisi Manual untuk Meningkatkan Umur Mesin

Responses (2)

  1. Hi, Neat post. There is an issue together with your web site in web explorer, would check this?K IE nonetheless is the market chief and a large portion of folks will pass over your wonderful writing because of this problem.

  2. I’m curious to find out what blog platform you have been working with? I’m experiencing some minor security problems with my latest website and I would like to find something more safe. Do you have any recommendations?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *