Mengetahui Kandungan Nutrisi Jambu Kristal Serta Manfaat Bagi Kesehatan

Jambu Kristal
Jambu Kristal. Foto : istockphoto.com

SRIWIJAYAPLUS.COMJambu kristal mengandung berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah pengobatan masalah pencernaan, termasuk diare dan sembelit.

Manfaat jambu kristal berasal dari berbagai nutrisi yang terdapat pada buah, daun, biji dan kulit kayu.

Jambu kristal (Psidium guajava) adalah jambu biji populer lainnya di Indonesia. Daging buah jambu biji berwarna putih, rasanya renyah dan manis, serta bijinya lebih sedikit dibandingkan jambu biji.

Selain rasanya yang enak, buah ini juga diminati karena nilai gizi dan manfaatnya yang serbaguna.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis, Berikut Syarat untuk Mendapatkannya

Manfaat jambu kristal berasal dari berbagai nutrisi yang dikandungnya. Dengan mengonsumsi 100 gram jambu kristal, anda mendapatkan 61 kalori dan nutrisi lainnya.

Selain nutrisi tersebut, jambu kristal juga mengandung karoten dan vitamin B serta kaya akan antioksidan seperti asam fenolik, flavonoid, dan saponin. Kristal jambu biji juga mengandung senyawa quercetin dan pektin.

Tidak hanya dari buahnya saja, manfaat jambu kristal juga bisa anda dapatkan dari daun, biji dan kulit batangnya. Berikut berbagai manfaat jambu kristal yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi jambu kristal yang rendah kalori dan tinggi serat terutama pektin akan membuat anda kenyang lebih lama.

Baca Juga :  Jalan Kaki Rutin Bisa Kendalikan Diabetes dan Hipertensi

Keinginan makan bisa ditekan, yang membantu menjaga berat badan. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa suplementasi pektin bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan tentang efek samping dan efektivitas jambu kristal untuk menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada buah dan daun jambu kristal diketahui bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini membantu melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

3. Mengurangi tanda penuaan

Vitamin C dalam jambu kristal telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya adalah pencegahan dan pengurangan kerutan yang merupakan tanda penuaan.

Baca Juga :  Respons HIV AIDS di Bumi Sriwijaya

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *