Minanga Komering, Jejak Awal Kerajaan Sriwijaya?

SRIWIJAYAPLUS.COM – Penasaran dengan toponimi “Minanga” yang dikaitkan sebagai periode bermula Sriwijaya seperti dinarasikan Arlan Ismail dalam bukunya.

“Berdasar apa yang saya baca. Saya cenderung membenarkan pendapat Pak Arlan Ismail. Kata Minanga berasal dari Proto Melayu Purba yang artinya muara sungai. Minanga dalam catatan Cina berjudul T’ang Hui-yao pernah mengirim utusan pertama kali pada tahun 645 Masehi zaman Dinasti Tang,” cerita tokoh masyarakat Semendaway Drs. M. Ali Pasyai, M.M didampingi Tokoh Tetua Minanga,  Malwani.

Artinya, kata Minanga sudah dikenal lama bahkan sebelum Sriwijaya berdiri.

Dalam prasasti Prasasti Kedukan Bukit kata Minanga ditemukan pertama kali oleh orang Belanda bernama C.J. Batenburg pada 29 November 1920 di Kedukan Bukit, Palembang, tepatnya di tepi Sungai Tatang, anak Sungai Musi.

Baca Juga :  Siapa Syaikh Syahid Hamminul Amiem? Makamnya tak Pernah Banjir walau Sungai Komering Meluap

” Selain itu, Minanga sudah ada sebelum Prasasti Kedukan Bukit ditranskripkan oleh Phillipus Samuel van Ronkel tahun 1924.Jadi Minanga ini sudah ada sebelum Sriwijaya,” tutur Pak Ali Pasyai eks Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKUT periode 2015-2019.

“Pada daerah Minanga ini juga pernah ditemukan patung arca perunggu Boddha. Disebut Maitreya Komering Sriwijaya Abad ke 9. Yang disimpan di Museum Nasional di Jakarta. Selain itu juga pernah ditemukan mata uang Cina masa Dinasti Tang,” kata  Ali Pasyai

Keyakinan seperti itu menurutnya juga ditambah informasi lain. Pada masa awal pemerintahan di Palembang. Minanga awalnya adalah sebuah Marga.

Ketika masa Pangeran Sida Ing Kenayan tahun 1629 berkuasa di Palembang. Pernah menerbitkan Piagam bertuliskan huruf Arab dan berbahasa Melayu tentang tapal batas Marga Minanga.

Menurutnya, Minanga mewakili kelompok kekerabatan yang ada di aliran Sungai Komering.

Baca Juga :  3 Zodiak Paling Ogah Mengakui Kesalahan dan Hobi Playing Victim

Response (1)

  1. Quality posts іs thee key tⲟ invite the viewers tօ pay ɑ vksit the web ρage, thаt’s wһat thiѕ web site is providing.my website – google books about puberty for kids

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *