Peran Orang Tua dan Dampak Buruk Kecanduan Gadget pada Anak

Anak kecanduan gadget

PALEMBANG, SRIWIJAYAPLUS.COM – Banyak ahli dan pakar melakukan studi yang mencatat,  anak yang menggunakan gadget berlebihan akan mengalami kecanduan gadget. Kecanduan gadget bakal berdampak buruk bagi anak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut dampak buruk penggunaan gadget yang berlebihan

Kurang Tidur
Kecanduan gadget yang berlebihan menyebabkan anak-anak mengalami kurang tidur. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, sebab kurang tidur bisa menggangu aktivitas anak, seperti menganggu proses belajar di sekolah yang kemudian membuat prestasinya menurun.

Gangguan pada Mata
Anak-anak yang mengalami kecanduan gadget juga rentan mengalami gangguan pada mata. Hal ini terjadi karena terlalu lama menatap layar handphone, sehingga memicu gangguan seperti mata lelah, mata kering, hingga gangguan penglihatan

Obesitas
Kecanduan gadget juga membuat anak rentan mengalami obesitas alias kelebihan berat badan. Sebab, asyik bermain gadget menyebabkan anak kurang bergerak atau lebih sering duduk dan berbaring.

Masalah Mental
Kecanduan gadget juga bisa mengganggu kesehatan mental, kecanduan gadget memicu efek samping berbahaya seperti meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, dan perilaku bermasalah lainnya. Hal ini juga bisa memicu sifat agresif anak.

Kecanduan gadget dapat membuat anak kesulitan bersosilisasi dengan lingkungan sekitar dan meningkatkan resiko perasaan kesepian. Karena itu, orang tua perlu untuk menerapkan batasan penggunaan gadget pada anak sehingga resiko kecanduan pada gadget bisa dihindari. (matt)

Baca Juga :  Berapa Besar Pengaruh Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak, Jauhi Sebelum Terlambat

Responses (878)