Percayakan Listrik kepada PLN, PT Kresna Duta Agroindo Daya Mampu Tingkatkan Produksi Palm Kernel Oil Hingga Lebih dari 20 Persen

MERANGIN, SRIWIJAYAPLUS.COM – Program Electrifying Agriculture PLN UID S2JB siap dorong peningkatan produksi PT Kresna Duta Agroindo (KGA) yang merupakan perusahaan penghasil Palm Kernel Oil (PKO) di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Proses penyambungan listrik daya 690 kVA yang diperlukan untuk peningkatan produksi telah dilaksanakan oleh PLN Unit Layanan Pelanggan Bangko pada 9 Agustus 2023 lalu.

PT KDA adalah Group PT SMART (Sinarmas Agribisnis Resources dan Technology), sebuah perusahaan pengolahan Kernel atau Inti Sawit yang berlokasi di Sei Pelakar, Desa Tanjung Kecamatan Bathin 8. Dulunya PT Kresna Duta Agroindo hanya mampu mengolah bahan baku sawit dan menghasilkan PKO sebanyak 180 ton/hari dengan listrik yang disupply dari pembangkit PLTBiogas.

Namun, seiring peningkatan permintaan pasar, kapasitas produksi perlu ditingkatkan dan PT KGA membutuhkan tambahan daya listrik yang lebih besar. Kekurangan supply listrik tersebut dipercayakan oleh PT KGA kepada PLN. Dengan menjadi pelanggan PLN, kini PT KGA bisa meningkatkan produksinya menjadi 220 ton/hari.

Baca Juga :  Buah Inovasi dan Transformasi Digital, PLN Tembus 2 Terbaik Daftar Fortune Indonesia 100

Richardo Lumban Toruan, Assistant Kepala PLKK PT KDA memberikan apresiasinya atas bantuan PLN dalam mendukung peningkatan produksi PT KDA.

“Kami sangat berterima kasih banyak atas support dan respon PLN atas penyediaan suplay listrik untuk peningkatan produksi kami. Proses penyambungan listrik dilaksanakan cukup cepat, dengan waktu kurang dari seminggu. Semoga program electrifying agriculture ini dapan membawa dampak positif bagi peningkatan produktivitas pertanian di Jambi pada umumnya, dan untuk PT KDA pada khususnya” ucap Richardo.