10 Tanda-Tanda Kehamilan yang Jarang Dikenali

Foto : istockphoto.com

SRIWIJAYAPLUS.COM – Menstruasi yang terlambat adalah salah satu tanda kehamilan yang paling penting. Namun, ada tanda-tanda kehamilan lain yang juga penting untuk dikenali. Bahkan, beberapa tanda kehamilan ini muncul sebelum terlambat haid.

Setiap wanita dapat mengalami gejala kehamilan yang berbeda-beda. Apa yang dialami seorang wanita saat hamil mungkin tidak dialami oleh ibu hamil lainnya. Namun mengenali tanda-tanda kehamilan tidak ada salahnya melewatkan haid agar anda bisa mendeteksi kehamilan lebih awal.

Anda harus mengenali beberapa tanda kehamilan yang penting, di antaranya:

Baca Juga :  LG Luncurkan UltraGear Monitor Gaming Teranyar

1. Perubahan Payudara

Perubahan hormon di awal kehamilan dapat membuat payudara anda lebih berisi, lebih sensitif, dan lebih kencang. Selain itu, puting tampak lebih menonjol dan lebih gelap, serta lebih banyak pembuluh darah yang terlihat di permukaan kulit payudara.

2. Lebih sering buang air kecil

Sering buang air kecil terutama pada malam hari juga bisa menjadi tanda kehamilan. Pada awal kehamilan, hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal dan peningkatan cairan tubuh selama masa kehamilan.

3. Cepat lelah

Rasa lelah yang terjadi saat hamil biasanya disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron. Tak hanya itu, perubahan metabolisme tubuh di awal kehamilan bisa membuat tubuh ibu hamil cepat lelah.

Baca Juga :  Jangan Panik, Mobil Mogok Setelah Kena Banjir, Lakukan Hal Ini

4. Mual dan muntah

Mual dan muntah biasanya tidak dirasakan sebelum usia kehamilan 6 minggu, namun dapat muncul lebih awal. Kondisi ini biasanya hilang setelah 16-18 minggu kehamilan.

5. Sensitif terhadap bau

Perubahan hormonal saat hamil dapat membuat indera penciuman menjadi lebih sensitif. Ini dapat membantu ibu hamil merasa mual ketika mencium bau tertentu seperti parfum atau makanan berbau tajam seperti ikan.

6. Kehilangan nafsu makan

Mual dan kepekaan terhadap bau yang sering terjadi pada tahap awal kehamilan dapat mempengaruhi hilangnya nafsu makan. Jika Anda merasakan hal ini, cobalah makan camilan sehat seperti potongan buah dan yogurt.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *