4 Destinasi Wisata Air Terjun di Sumsel, Bagus untuk Healing Guys

Air Terjun Lawang Agung
Air Terjun Lawang Agung Lahat.

SRIWIJAYAPLUS.COM – Basah-basahan  di tempat wisata alam air terjun bisa jadi destinasi healing yang bagus. Lokasi air terjunnya tidak terlalu dari provinsi Sumatera Selatan, jadi jika kita ingin menghabiskan waktu di weekend cukup saja.

Berikut 4 Air Terjun di Sumsel diolah dari berbagai sumber yang cocok untuk destinasi healing:

1. Air Terjun Lawang Agung Lahat

Air Terjun Lawang Agung merupakan air terjun terbesar di Kabupaten Lahat. Nama air terjun ini sama dengan nama desa tempat air terjun ini berada yaitu Desa Lawang Agung Kecamatan Muara Payang Kabupaten Lahat.

Baca Juga :  Mengenal Sejarah Makam Kerajaan Sabokingking

Untuk sampai ke lokasi air terjun ditempuh dengan dua jam saja dari kota Lahat. Jaraknya sekitar 68 km dari Kota Lahat. Ada kendaraan umum jika memang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Di Air Terjun Lawang Agung, wisatawan silahkan enjoy sambil basah-basahan. Sejenak menikmati pemandangan sambil memancing karena aliran air yang besar merupakan habitat yang baik bagi ikan.

Yang bikin healing tambah asik, di sekitar air terjun Lawang Agung ini, ada hamparan kebun kopi serta tenetu saja udara yang bersih dan sejuk di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun,

Air Terjun Bedegung Muara Enim
Air Terjun Bedegung Muara Enim. (ft:giwang)

2. Air Terjun Bedegung Muara Enim

Air Terjun Bedegung merupakan salah satu keindahan alam Kabupaten Muara Enim. Menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 99 meter, air terjun ini wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga :  8 Objek Wisata di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Ada sebuah jembatan di tengah air terjun ini. Dari sana, pengunjung bisa mengabadikan keindahan air terjun dengan suara gemericik air.

Dibutuhkan sekitar satu jam perjalanan dari kota Muara Enim untuk mencapai joan di Desa Bedegung, Kecamatan Panang Enim.

Setelah sampai di Desa Bedegung, perjalanan dilanjutkan sekitar 100 meter menyusuri tepian sungai tempat air terjun tersebut berada.

Menambah keindahan adalah pemandangan aliran air yang tidak pernah kering dari mata air salmon Bukit Barisan. Pada saat yang sama, air yang mengalir di dasar air terjun membentuk sungai kecil yang mengalir deras dengan batu-batu besar yang menyebar luas.

3. Air Terjun Bale Lahat

Namanya Air Terjun Bale atau orang Lahat menyebutnya Cuhup Bale lokasi Desa Tunggul Bute, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat.

Baca Juga :  Kebun Teh Pagar Alam, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Dempo

Air terjun ini punya pesona dan keindahan tersendiri. Dengan ketinggian yang mencapai 70 meter disekitar air terjun tumbuh bunga berwarna ungu dan napal batu batuan yang cukup licin.

Kolam limpahan air terjun yang bisa memercik hingga 15 meter itu memiliki kedalaman sekitar dua meter terbentuk tepat di bawah air terjun,

Responses (749)