Peran Penting Seorang Ayah dalam Pengasuhan Anak

SRIWIJAYAPLUS.COM – Dokter Spesialis Anak Fitri Hartanto mengatakan ayah memiliki peran penting dalam pengasuhan anak. Menurut Fitri, keterlibatan ayah dalam pengasuhan memiliki berbagai manfaat, di antaranya ayah yang terlibat dalam pengasuhan lebih matang secara sosial, mampu memahami diri, berempati dengan orang lain, dan mengolah emosi dengan baik.

“Keterlibatan ini akan menciptakan kekerabatan serta interaksi yang erat dalam keluarga, kondisi ini juga turut berperan dalam partisipasi positif yang diberikan ayah dalam pekerjaan jadi bisa mempengaruhi pekerjaannya juga,” jelasnya di Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Dia menambahkan, ayah yang terlibat dalam pengasuhan akan memberikan pengaruh terhadap kestabilan keluarga. Dia menyebut ayah juga perlu terlibat dalam proses pengasuhan yang positif dengan melakukan semua aktivitas keluarga, terutama yang biasa dilakukan antara anak dan ibu.

Baca Juga :  Rizky Billar Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus KDRT

Walaupun tugas ayah secara finansial harus memenuhi kebutuhan, namun yang terpenting adanya penguatan kebiasaan supaya anak mempunyai perilaku yang positif di dalam keluarga. “Anak yang ayahnya terlibat dalam pengasuhan akan memiliki kemampuan sosial dan kognitif yang lebih baik serta kepercayaan diri yang tinggi dibanding ayah yang tidak terlibat,” tuturnya.

Responses (3)

  1. Wow, wonderful weblog format! How lengthy have you
    been blogging for? you made running a blog look easy.

    The whole glance of your website is magnificent, as well as the content material!

    You can see similar here ecommerce

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *