Berikan Penghormatan Peringatan 20 Tahun Bom Bali, Kepala BNPT RI: Kami Siap Lindungi, Bantu Korban Terorisme

Kepala BNPT RI
Boy Rafli Amar

BALI, SRIWIJAYAPLUS.COM – Memperingati 20 tahun Tragedi Bom Bali, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H., berkomitmen untuk terus mendukung pemenuhan hak dan kebutuhan korban terorisme.

BNPT RI bersama Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Republik Indonesia (LPSK RI) menjadi lembaga utama yang bertanggungjawab atas perlindungan korban terorisme.

“Pemberian perlindungan serta menghormati hak dan kebutuhan para korban merupakan elemen penting dalam upaya Indonesia melawan terorisme, BNPT RI bersama mitra-mitra kami akan selalu berusaha memajukan hak dan kebutuhan para korban,” ungkap Boy Rafli dalam acara Peringatan 20 Tahun Bom Bali yang diselenggarakan di sebuah hotel di Nusa Dua dan dilanjutkan di Tugu Peringatan Bom Bali/Ground Zero di Jalan Legian Kuta, Bali, Rabu (12/10).

Baca Juga :  Kalender 2023 : Libur Nasional dan Cuti Bersama, Cek Tanggal Merah 2023 Disini

Boy Rafli menyebutkan upaya pemenuhan hak korban didukung melalui Pilar Kedua Perpres Nomor 7 tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) yang fokus pada perlindungan saksi dan korban.

Salah satu aksi dari pilar ini adalah membentuk “dana perwalian korban” untuk memenuhi kebutuhan korban, termasuk keluarganya. Ini adalah salah satu bentuk bahwa Negara Hadir, dalam upaya melindungi dan membantu warganya dari ancaman terorisme, sambung Boy Rafli.

Peringatan 20 Tahun Bom Bali
Peringatan 20 tahun Bom Bali yang memakan ratusan korban jiwa. (ft:ist)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *