Kenali 6 Tanda Lowongan Kerja Palsu Berikut Ini

SRIWIJAYAPLUS.COM – Menurut Kementerian Tenaga Kerja, jumlah lowongan pekerjaan pada tahun 2022 meningkat 1,87 persen dibandingkan tahun 2021. Peningkatan lowongan pekerjaan juga dapat menyebabkan peningkatan penipuan dan pekerjaan palsu.

Varun Mehta, Managing Director JobStreet Indonesia, menanggapi hal itu bisa terjadi karena banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan nama besar perusahaan untuk menjebak pencari kerja.

Bahkan, pelamar terkadang diminta mengirimkan sejumlah uang sebagai jaminan untuk segera mendapatkan pekerjaan. Biasanya informasi palsu dari perusahaan besar atau perusahaan fiktif digunakan.

Baca Juga :  Risiko Penggunaan Peralatan Makan Melamin bagi Kesehatan

“Secara psikologis, orang yang terburu-buru mencari pekerjaan kurang fokus untuk mengecek iklan lowongan kerja sehingga kurang teliti dan mengantisipasi potensi penipuan,” ujar Varun Mehta, CEO JobStreet Indonesia, dalam keterangannya.

Berikut beberapa tips dari JobStreet untuk membantu Anda menjadi pencari kerja yang teliti dan menghindari lowongan pekerjaan yang palsu:

1. Iming-iming Gaji Besar

Mendapatkan gaji besar untuk pekerjaan yang mudah adalah dambaan setiap orang. Namun, beberapa dari “tawaran pekerjaan” ini mungkin merupakan penipuan.

Baca Juga :  Trik Paling Gacor Slot Putri Princess, Auto Banjir Perkalian

Korban penipuan biasanya tertarik dengan janji gaji tinggi dan pekerjaan mudah, kombinasi ideal bagi mereka yang mencari pekerjaan paruh waktu atau mereka yang memiliki sedikit pengalaman kerja.

2. Perekrut berkomunikasi secara eksklusif di media sosial

Jika seorang perekrut menghubungi anda melalui media sosial, anda harus lebih skeptis. Perekrut dari perusahaan resmi biasanya berkomunikasi melalui email, telepon, atau lamaran kerja yang mengungkapkan identitas asli mereka.

Beberapa perekrut mungkin mengirim pesan kepada kandidat melalui media sosial sebelum beralih ke sarana komunikasi yang lebih formal saat wawancara berlangsung.

3. Perusahaan mengirim email mencurigakan

Komunikasi email tidak secara otomatis membuat perekrut menjadi sah. Bahkan, anda bisa mengidentifikasi penipuan perekrutan pekerjaan berdasarkan isi email.

Responses (4)

  1. Wow, incredible weblog format! How long have you ever been blogging for?
    you made running a blog glance easy. The entire glance of your website is excellent, let alone the content!
    You can see similar here e-commerce

  2. Woah! I’m really digging the template/theme of this site.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s tough to get that “perfect balance” between usability and visual appearance.
    I must say you have done a awesome job with this. Also, the blog loads
    super quick for me on Safari. Exceptional Blog! I saw
    similar here: E-commerce

  3. If you would like to grow your experience simply keep visiting this web
    page and be updated with the hottest news update posted here.
    I saw similar here: Sklep online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *